Apakah Rayap Akan Berevolusi Menjadi Semut?

rayap

Rayap

arifdadot.com – Rayap tentu semua orang mengenalnya. Sebagai makhluk kosmopolitan yang artinya dapat ditemukan di mana-mana, rayap sangat familiar bagi kita. Di kayu yang lapuk, di sokoguru rumah kita, atau di balik karung goni yang basah, rayap selalu berdiam, berkumpul, dan berkoloni. Satu pertanyaan yang kini mengemuka seperti dulu waktu kita masih kecil pernah bertanya adalah

apakah rayap akan berevolusi menjadi semut?

Dalam bahasa masa kecil kita, pertanyaan itu punya versi tersendiri, yaitu

apakah rayap adalah bayi semut?

Anak sekecil itu mengajukan pertanyaan seperti di atas berarti punya minat yang besar. Daya nalarnya kritis, meskipun tidak mesti saat besar nanti dia bakal jadi Albert Einstein. Baiklah, kita lupakan dulu topik parenting itu. Back to topic. 

Sekilas rayap dan semut memang tak ada bedanya. Struktur tubuhnya mirip. Pembagian kepala, dada, dan perut pun tampak jelas. Tapi bukan berarti masing-masing mewakili tahap atau siklus metamorfosis yang saling melengkapi, dalam hal ini rayap adalah bentuk nimfa dari semut sebagai imago.

Rayap dan semut adalah spesies berbeda. Sama-sama masuk dalam kelas serangga, rayap dan semut menghuni subordo yang berbeda. Sekilas penampakan rayap memang seakan-akan bakal menjadi semut. Ini karena tubuh rayap yang putih hampir transparan, layaknya semut muda yang baru menetas.

Faktanya kedua serangga ini memang berbeda. Rayap masuk dalam subordo isoptera, sementara semut tergolong subordo himenoptera.

 

Advertisements
This entry was posted in Transisi on by .

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

3 thoughts on “Apakah Rayap Akan Berevolusi Menjadi Semut?

  1. gilaroda2

    Memang sdh diciptakan Tuhan berbeda sesuai fungsi masing2…. evolusi hanya sekedar teori tanpa fakta…. cmiiw…

    Reply

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s