Advertisements

Ini Saran Buat Admin Grup Facebook Agar Lebih Lembut Terhadap Pelaku Jemuran Spamming

facebook-spam

arifdadot.com – Facebook menjadi media sosial paling terkenal yang dipilih untuk promosi blog. Tak cukup sampai di situ, jangkauan promosi kini diluaskan hingga mencapai grup Facebook. Wajar kalau komunitas yang jadi sasaran. Ribuan pengguna Facebook yang online sekaligus dalam jumlah banyak tentu adalah pasar yang bagus untuk promosi. Namun lantas timbul masalah. Promosi yang dilakukan di sana terkadang seperti hit and run, alias posting lalu kabur. Tanpa ada interaksi. Untuk hal seperti ini, admin selaku pengelola grup Facebook harus bisa lebih sabar dan berlapang dada. Mereka harus mau memaklumi dan lebih lembut menyikapi aksi semacam itu.

Tidak perlu memarahi pelaku aksi masif tersebut. Tidak harus juga beradu argumen yang jelas buang waktu serta energi. Admin cukup mengarahkan kursornya ke postingan yang dianggap meresahkan, klik pojok kanan postingan tersebut, keluar beberapa menu, lantas pilih report/mark as spam. Jika itu dirasa belum melegakan kedongkolan admin grup Facebook sehingga masih ingin munthab, sang admin bisa menempuh cara berikutnya.

Tinggal cari pelaku aksi spamming itu daftar anggota grup, lalu removekick, atau apalah itu yang berarti mengeluarkan dia dari keanggotaan grup Facebook.

Mengapa tulisan ini seperti terkesan anti terhadap mereka yang kerap melakukan aksi jemur-menjemur seperti itu?

Mas bro sekalian, ane ingin tekankan kalau ini bukan soal kecemburuan pada hits. Tapi ini soal empati saja. Ane tidak masalah ente bikin grup yang anggotanya jutaan sekalipun lalu jemur-menjemur sampai sehari bisa ribuan artikel diposting di sana. Tapi coba deh hargai grup yang kita menjadi tamu di sana, kita yang minta untuk bergabung di sana dengan tujuan hanya jemur postingan blog lalu kita kabur begitu saja. Tentu kita juga tidak suka kalau ada orang yang tidak dikenal tahu-tahu masuk dan buang sampah lalu kabur begitu saja. Bahkan kalau orang itu mengantar bingkisan pun kita pasti tetap merasa aneh kalau dia tidak bilang apa-apa, tidak pesan apa-apa. Bagaimana kalau itu bom? Narkoba?

Belum lagi kalau anggota grup Facebook tadi mengharapkan postingan yang memang selama ini jadi alasan kuat mereka bergabung dengan grup Facebook itu. Setelah dibuka ternyata tidak sesuai harapan tentu tersisa perasaan dongkol atau muntab.

Sekurang-kurangnya, temani postingan kita itu. Kalau ada komentar, dibalaslah semestinya. Mungkin memang mereka tidak langsung membuka blog kita karena semua memang harus dibangun tidak secara instan.

Advertisements

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

11 responses to “Ini Saran Buat Admin Grup Facebook Agar Lebih Lembut Terhadap Pelaku Jemuran Spamming”

  1. nbsusanto says :

    setuju mas dengan tulisan yang intinya etika.. walau terkadang mungkin di awal bisa diperingatkan via japri.. report as spam kalo bisa membuat situs itu tidak bisa dishare via fb malah apik, seperti jaman link kaskus di fb beberapa taun lalu.. lebih jera efeknya.. 🙄

  2. Kobayogas says :

    setuju masbroohhhh

  3. Maskur says :

    sepaket lah

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s