Hobi Baru Presiden Joko Widodo: Pelihara Anak Macan

arifdadot.com – Presiden Joko Widodo dikenal bersahaja. Penampilannya sederhana, beliau sendiri memilih tidak mau diperlakukan berlebihan. Hal yang sama pun tampak pada kegemarannya. Beliau tidak tertarik neko-neko. Ketika banyak orang memilih piaraan terkenal dan mahal, presiden Joko Widodo cukup menyenangi kodok, yang dipelihara di kolam istana. Selain itu, presiden Joko Widodo baru-baru ini melepasliarkan sekawanan burung di istana Bogor.

penulis adalah penerjemah Inggris-Indonesia full waktu. Anda bisa hubungi dia melalui saya@arifdadot.com untuk memesan layanannya dengan tarif kompetitif. segera!

Namun kalau lantas presiden Joko Widodo disebutkan lagi kesengsem memelihara anak macan, apa itu artinya presiden mulai peduli pada pencitraan. Dan jika demikian, macan jenis apa yang bakal dipelihara presiden Joko Widodo? Pasalnya, apa pun macan yang dipilih, pastilah sang pemelihara harus berurusan dengan hukum mengingat hewan buas itu merupakan fauna yang dilindungi serta dilestarikan. Bagi orang sekaliber presiden Joko Widodo, hal itu mungkin tidak masalah, tapi apa ada alasan tertentu sehingga presiden Joko Widodo memilih memelihara anak macan?

Faktanya, anak macan yang konon bakal dipelihara presiden Joko Widodo masih asli Indonesia, tepatnya dari bumi Siliwangi. Di sana bercokol satu anak macan yang dipelihara presiden Joko Widodo tanpa sadar. Anak macan itu menitis dalam sosok terkenal di dunia nyata maupun media sosial bernama Ridwan Kamil. Tunggu … !!! Ridwan Kamil yang walikota Bandung itu? Ridwan Kamil yang terkenal concern pada nasib manusia jomblo? Dan Ridwan Kamil yang sukses hadirkan begitu banyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kota Bandung?

Ridwan Kamil anak macan memangsa Joko Widodo pada pilpres 2019

Ridwan Kamil anak macan memangsa Joko Widodo pada pilpres 2019

Benar. Tidak salah lagi. Anak macan itu memang Ridwan Kamil yang arsitek, berkaca mata, dan pastinya walikota Bandung. Semua berawal ketika kang Emil dirumorkan maju menantang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017. Namun setelah melalui banyak pertimbangan dan perenungan, kang Emil akhirnya memutuskan tidak jadi menantang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017.

Salah satu alasan yang dikemukakan kang Emil (terkait keputusannya itu) adalah usai berkonsultasi dengan presiden Joko Widodo. Di sana, presiden Joko Widodo menasihati kang Emil agar menuntaskan masa baktinya pada kota Bandung hingga selesai. Meskipun banyak yang mengecam presiden Joko Widodo dengan nasihatnya karena menganggap presiden Joko Widodo sedang berbicara di depan cermin, faktanya presiden Joko Widodo sedang memelihara anak macan.

Kang Emil memang kembali pulang ke Wastukencana, tempat kantor walikota Bandung berada, bukan menuju Balai Kota DKI Jakarta. Dan, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mungkin melenggang sendirian tanpa pesaing. Tapi untuk jangka menengah ternyata aksi bijaksana presiden Joko Widodo justru mengancam posisinya sendiri. Kang Emil akan kembali mendatangi presiden Joko Widodo, saat itu tidak untuk meminta masukan, namun bertarung dalam pemilihan presiden 2019.

Sederet prestasi sudah ditorehkan kang Emil selama mengelola kota Bandung. Dan daftarnya akan semakin panjang beberapa bulan mendatang. Pengabdian yang tulus dipadu dengan kemampuan relevan yang mumpuni menjadikan kang Emil begitu tangkas dan gesit dalam memperbaiki kota Bandung. Taman-taman dibenahi. Sungai-sungai direvitalisasi. Namun kang Emil tak berhenti sampai di situ. Simpati yang mengalir padanya usai membatalkan pencalonan gubernur DKI Jakarta menjadi modal penting dalam menyempurnakan kota Bandung menjadi the real Parijs van Java.

Masih ada beberapa tahun bagi kang Emil untuk mengumpulkan modal sebelum melompat lebih tinggi. Modal itu bakal diraup bukan dengan pencitraan, melainkan kerja nyata dengan hasil yang berdampak baik. Tak perlu polesan lembaga survei atau media dengan siaran luas atau tiras berlembar-lembar eksemplar. Jika warga memang sudah merasakan sentuhan nyata dari kinerja kang Emil, tentulah tanpa paksaan mereka akan mendukungnya. Dan mereka yang belum merasakannya, yaitu di wilayah selain Bandung, berharap kang Emil bisa menjamah mereka dengan kekuasaan yang meliputi seluruh Indonesia pada 2019 nanti.

Advertisements

5 comments on “Hobi Baru Presiden Joko Widodo: Pelihara Anak Macan

  1. Pingback: Cara Instal Whatsapp Di Smartphone Kesayanganmu | Eng2Ind Translator

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s