Kelebihan Telegram Yang Tidak Dimiliki Whatsapp

arifdadot.com, Malang Raya – Whatsapp kini telah menjadi penguasa di segmen instant messaging. Kesuksesan Whatsapp yang sekarang dikuasai Facebook telah memicu pengembang lain untuk turut meramaikan jagat instant messaging. Tidak seperti dulu saat BlackBerry Messenger masih nomor satu, pilihan aplikasi instant messaging hampir tak ada. Kini malah kita yang bingung memilihnya saking berjubelnya di Play Store/iTunes.

Satu yang dianggap bakal jadi pesaing berat Whatsapp adalah telegram. Sederet fitur milik Telegram yang belakangan dicontek Whatsapp menjadikan banyak orang terus meninggalkan Whatsapp. Kini ada lagi fitur yang menjadi keunggulan telegram yang tidak ditemukan di Whatsapp. 

Fitur tersebut adalah penyimpanan obrolan. Di telegram saat kita tidak aktif atau menginstal aplikasi ini, chat akan disimpan dan langsung muncul begitu kita aktif atau menginstalnya. Bahkan kalau kita berganti perangkat pun chat yang lama tidak kita ikuti, biasanya di grup, akan muncul begitu kita aktif atau menginstalnya. Dengan catatan nomornya harus sama. 

Ini berbeda dengan Whatsapp sehingga menjadi kelemahannya. Memang ada fitur backup. Tapi yang disimpan hanyalah chat sebelum kita hapus instalasinya. Dan kalau kita berganti perangkat pun backup yang bisa direstore pun adalah chatStore/iTunes.


One comment on “Kelebihan Telegram Yang Tidak Dimiliki Whatsapp

Comments are closed.