Bagaimana Cara Memiliki Inbox Gmail Yang Bersih

Gmail, salah satu aplikasi pengiriman email punya Google paling populer saat ini. Dulu boleh saja merangkak mengekor Yahoo!, tapi sekarang sejarah sudah membuktikan. Awalnya harus diperoleh via undangan, sekarang siapa saja bisa punya akun Gmail. Tapi karena internet yang sangat cepat dan sepersekian detik saja, email yang masuk tak hanya berurusan dengan kepentingan kita. Akibatnya, inbox akun Gmail kita jadi “kotor,” maksudnya penuh dengan email-email yang kadang tidak berhubungan dengan urusan kita. Tapi bahkan email yang berkaitan dengan pekerjaan kita pun perlu dirapikan. Tulisan ini akan membahas bagaimana cara memiliki inbox gmail yang bersih.

Pertama, aktifkan multi tab. Tak hanya inbox konvensional yang disajikan, Gmail juga memberi kita pilihan menghadirkan tab untuk memilah email. Total ada empat tab, selain tab utama. Tab Social seperti namanya berhubungan dengan media sosial, lalu tab Promotions untuk hal-hal berbau penawaran atau penjualan. Lalu tab Updates akan menyaring email berisi kabar-kabar terbaru, dan terakhir, tab Forum jika kita mengikuti mailing list akan disajikan di sini.

Kedua, masukkan semua email ke folder All Mail. Jadinya inbox akun Gmail kita tetap rapi namun kita tidak kehilangan email yang sewaktu-waktu mungkin kita butuhkan.

Ketiga, buat filter. Dengan filter, email yang masuk akan disaring dan dimasukkan ke dalam label yang ditetapkan untuk filter tersebut. Pemfilteran mudah kok, langkah step-by-step tidak sulit dilakukan.

Terakhir, tandai sebagai spam. Kalau kita sudah merasa annoyed dengan email yang datang-datang terus tanpa kita undang, kirim saja email seperti itu ke folder spam. Karena kalau sudah berada di folder, 30 hari selanjutnya email tersebut akan dihapus permanen oleh Google.

Di tulisan selanjutnya, akan dibahas bagaimana melakukan masing-masing dari ketiga tips di atas. So stay tuned!

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s