Sekarang Cicilan Kendaraan Tidak Mengandung Riba

Ada dua pilihan untuk memiliki kendaraan. Paling gampang tapi sebenarnya sulit (sulit karena lama, gampang karena kalau sudah terkumpul langsung jadi) adalah beli tunai. Bawa uang, atau kalau sekarang, transfer, cek, verifikasi, done! kendaraan langsung diantar. Cara kedua dan ini paling favorit tentu adalah beli dengan mengangsur alias bayarnya bertahap. Banyak alasan di balik membayar dengan cara cicilan seperti ini, tapi satu hal yang pasti dari membeli dengan mengangsur adalah mengandung riba. 

Mungkin urusan riba dalam cicil-mencicil masih diperdebatkan, tapi faktanya adalah sistem mencicil ini terlanjur dikecam karena itu tadi, mengandung riba. Banyak argumentasi yang diajukan untuk menguatkan pendapat bahwa membayar angsuran jelas mengandung riba.

Mulai sekarang, untuk tips dan trik menghilangkan unsur riba, kita ikuti saja maunya mereka yang mengecam soal riba. Kata mereka, bedanya di akad atau perjanjian. Transaksinya, masih menurut mereka, tidak cukup transparan karena tahu-tahu harganya berubah, bukannya fixed. 

Nah solusinya ya itu tadi. Di awal perjanjian, buat kesepakatan yang disetujui dua pihak. Kalau kamu beli tunai, maka harganya segini, tapi kalau kamu mau mengangsur, boleh-boleh saja, tapi harganya jadi segitu. Daftar angsurannya disesuaikan dengan uang muka yang dipilih. Setelah dipotong uang muka tadi, maka angsurannya didapat dari membagi nilai harga setelah dikurangi uang muka dibagi dengan tenor atau durasi cicilan yang dipilih.

Nah kalau sudah begini, aman dah transaksinya itu dari riba. Oh iya kalo soal denda. Sebaiknya sih angsurannya sudah memperhitungkan kalau bakal ada telat bayar. Kalau pun toh tidak ada keterlambatan pembayaran, itu sudah jadi bagian dari nilai angsuran yang harus dibayar. Semua senang.

 

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s