Galau Antara Confero S Atau Expander, Akhirnya Pilih Ini

Pasar mobil MPV di Indonesia adalah makanan lezat. Setiap orang berebut ingin menguasainya. Tapi makin banyak pemain yang berkecimpung di segmen mobil MPV ini, justru marketnya bukan menyusut, ini malah tambah besar. Makanya tak heran makin banyak pemain baru yang memasuki pasar mobil MPV ini.

Kita sudah tahu penguasa pasar mobil MPV saat ini di Indonesia. Kata sandinya “mobil kaleng” 😉 Sudah banyak upaya untuk mendongkel sang raja dari singgasananya, tetap saja gagal maning gagal maning. Upaya terakhir pernah dilancarkan Suzuki Ertiga, meski sempat overtake, nyatanya itu tak bertahan lama dan sang raja kembali naik takhta.

Wuling, sebuah brand asal Tiongkok, mencoba peruntungan. Image Tiongkok memang masih dipandang miring dan sebelah mata. Tapi Wuling punya senjata ampuh. Wuling hasil kerja sama dengan brand besar asal paman sam, General Motors. Makanya Wuling pede masuk ke pasar MPV yang sudah berdarah-darah di Indonesia dengan andalan mereka, Confer So. Sejauh ini respons masyarakat positif dan menampakkan gejala bakal laris.

Selain Wuling Confero S, pemain baru di pasar MPV adalah Mitsubishi Expander. Meskipun mobil MPV, Mitsubishi membawa muka Pajero sebagai salah satu nilai jual. Dan kembali publik begitu antusias menyambutnya.

Respons positif yang diterima Wuling Confero S maupun Mitsubishi Expander ironisnya malah bisa jadi bumerang bagi kedua mobil ini. Publik akan dibuat bingung untuk menentukan pilihan di antara keduanya, dengan asumsi bahwa mereka lagi jenuh dengan tawaran yang ada di pasar MPV saat ini. Mantap pilih Wuling Confero S tapi kok sayang melepas Mitsubishi Expander karena angan-angannya adalah Pajero dan dalam hati biar gak dapat Pajero, gpp deh dapet ekstraknya (Mitsubishi Expander) juga dah bagus.

Sebaliknya pas udah teguh milih Mitsubishi Expander, kok kepikiran Wuling Confero S. Bentuknya yang lumayan bongsor keliatannya bisa menampung real tujuh orang dewasa, mungkin begitu di dalam hati. Apalagi fitur-fiturnya banyak juga. Semua kelebihan itu dibandrol dengan harga menggiurkan. Bagaimana ini?

Semua dilema dan pergulatan batin itu akhirnya tuntas. Bukan dengan mantap memilih salah satu dari kedua mobil pendatang baru itu (Wuling Confero S atau Mitsubishi Expander). Tapi nyatanya malah akhirnya memilih penguasa saat ini, Toyota Avanza. Pertimbangannya yang pasti-pasti aja dan sudah terbukti dengan bengkel servis dan spare part. Apalagi ada tawaran DP 14 juta 😆

Advertisements
This entry was posted in Transisi on by .

About ardaisme

Full-time Translator. 5000-word translation work everyday is not sensational achievement to be proud of. Dare to give more words to me to conquer? ring my whatsspp 082143168889 or PING! me 5FAA2CB4

7 thoughts on “Galau Antara Confero S Atau Expander, Akhirnya Pilih Ini

  1. Deden

    Ntar nyesel jual mobilnya mumpung masih bisa dijual dgn harga lumayan, begitu pasti pikiran di belakangnya

    Reply
  2. blade-in

    Mau beli mobil harus mikir tidak hanya fungsi, desain, konsumsi BBM, atau harga yang sedikit lebih murah misalnya. Tetapi juga mikir perkara kemudahan layanan purna jualnya; kemudahan service & sparepartnya, serta bonus harga jual nantinya yang gak boleh jeblog-jeblog amat (kecuali Anda akan pakai mobil itu sampe jadi besi tua atau akan diwakafkan buat mobil operasional masjid he he).

    Diantara keduanya, saya pikir Expander masih lebih value. Secara brand lebih lama dan berpengalaman. Punya jaringan 3S yang lumayan (90-an dealer) meski masih jauh dibanding Toyota & Honda. Secara fitur, untuk kelas low, lumayan lengkap. Lebih dari fitur yang dimiliki Avxen (Wuling belum direalease jadi gak bisa dibandingin). Secara kapasitas sama-sama muat 7 orang. Dan harga jual pastinya lebih tinggi. (Secara minded urusan otomotif, selama ini konsumen lebih dekat dengan brand Jepang ketimbang brand Cina. Meskipun Wuling termasuk dalam daftar 5 mobil paling laku di dunia).

    Hanya sekedar ikutan urun rembuk saja.
    Trims

    Reply
  3. kacrut

    siap2 menesel kang…apanja terlalu inferior dibanding xpander…semua lini menang, cuma jaringan sales dan bengkel doang. tp mitsubishi bukan pemain baru, harusnya jaringan bukan alasan yg utama utk membeli mobil. yg lebih diutamakan pasti kenyamanan, krn kita akan sering menggunakannya. kalau servis dan bengkel kan nggak sering. masa ngutamain yg jarang dari pada yg sering?

    Reply
  4. Benz

    Jujur sih xpander lebih oke (karna saya pun mupeng)tapi apapun ceritanya balik lagi ke tujuannya, beli mobil mau dijual lagi atau tidak, kl tidak xpander dan wuling sama2 punya kelebihan, tapi untuk si raja jalanan yang satu itu (AVANZA & XENIA)….saya sama sekali tidak ngefans…kl untuk pribadi…soknya yang super mental2 gak enak dibuat tumpangan…..kl saya masih tetep suka Grand Livina (karna kaki2 empuk dan stabil) atau paling tidak ertiga atau mobilio bisa jadi second opinion untuk kenyamanan, tapi untuk avanza No. hanya pas untuk tanjakan saja..

    Reply

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s