‘Civil War’ Perang Saudara Smartphone Entry Level Xiaomi

Xiaomi sediakan solusi smartphone Android berbasis MiUI
– Redmi 4A dan Redmi Note 5A terlibat rivalitas sengit
– Redmi Note 5A terlihat unggul di banyak sektor
– Tidak mesti Redmi 4A harus kalah mutlak
– MiUI selalu menarik dan bikin loyal

 

Civil War‘ Perang Saudara Smartphone Entry Level Xiaomi – Xiaomi adalah solusi bagi mereka yang menginginkan smartphone Android yang terjangkau namun dengan spesifikasi mumpuni. Dengan kualitas Xiaomi yang sudah tidak diragukan lagi, hadir beragam smartphone Xiaomi berbasis MiUI untuk mengakomodasi kebutuhan dan keinginan berbagai pengguna. Upaya yang ditempuh Xiaomi untuk terdepan dalam marketshare Android worldwide, di satu sisi, tampak berhasil; namun, di sisi lain terlihat harus mengorbankan beberapa hal. Salah satunya adalah perang saudara yang tak terelakkan antar smartphone Xiaomi itu sendiri, selain mencaplok porsi smartphone Android merek lain.

Dalam tulisan kali ini, dua smartphone Xiaomi jadi sorotan untuk dibenturkan dalam perang saudara entry level yang seringkali memiliki basis pengguna terbanyak. Redmi 4A hadir di sini, sementara Redmi Note 5A sebagai smartphone paling baru Xiaomi yang belum lama ini diluncurkan, menantang di sana. Pertama-tama mari kita tinjau spesifikasi kedua smartphone ini yang menjadi salah satu alasan masing-masing dibenturkan satu sama lain dan terlibat dalam perang saudara smartphone xiaomi.

perbandingan spesifikasi Redmi Note 5A versus Redmi 4A - 'Civil War' Perang Saudara Smartphone Entry Level Xiaomi

Redmi 4A sebagai ponsel entry level Xiaomi sudah cukup lama diluncurkan. Redmi 4A oleh Xiaomi diberi prosesor Snapdragon 425 sebagai upaya untuk menghemat baterai dan menjalankan task (atau multi-task) yang tidak terlalu berat. RAM yang dibenamkan sebesar 2 GB dengan storage maksimal 32 GB yang dapat diekspansi dengan kartu microSD berkapasitas maksimal 256 GB namun sayangnya harus menguasai satu slot dari maksimal dua slot yang disediakan (hybrid). Baterai yang ditanam di Redmi 4A berkapasitas 3120 mAh yang sudah mencukupi untuk menyalakan smartphone ini sehari penuh dengan mempertimbangkan aktivitas pengguna di seputar instant messaging, social media, dan browsing. Saat ini harga Redmi 4A dipatok pada label 1,5 Juta (klik di sini). Harga yang akan diperoleh bisa saja lebih terjangkau dan hemat jika bergerilya di marketplace lain, contohnya klik di sini.

Redmi Note 5A di sisi lain, hadir dan terlihat seakan-seakan sebagai penyempurna Redmi 4A. Prosesor yang diberikan masih sama seperti Redmi 4A yaitu prosesor Snapdragon 425 dengan pertimbangan yang sama pula. Namun soal layar, kali ini Redmi Note 5A dipasangi layar berdiagonal 5,5 inci – lebih tinggi 0,5 inci dari Redmi 4A yang berlayar 5 inci – namun dengan resolusi yang sama seperti Redmi 4A yaitu high definition. Untuk urusan RAM dan storage pun masih sama dengan Redmi 4A yaitu 2/32 GB. Namun soal ekspansi storage menggunakan kartu microSD, kendati kapasitasnya pun maksimal 256 GB, Redmi Note 5A sudah disediakan slot khusus untuk kartu microSD, tidak seperti Redmi 4A yang masih hybrid. Terakhir baterai Redmi Note 5A memang sedikit lebih kecil dari baterai Redmi 4A, yaitu 3080 mAh. Saat ini Redmi Note 5A dibandrol 1,7 Juta (klik di sini).

Selisih IDR 200 ribu Rupiah tampaknya membuat calon pembeli langsung beralih ke Redmi Note 5A karena terlihat unggul hampir di semua lini yang diperbandingkan, ketimbang Redmi 4A. Namun, kendati beberapa orang memang menginginkan hal-hal yang menjadi keunggulan mutlak Redmi Note 5A atas Redmi 4A, sebagian orang tertentu bisa saja mengabaikan Redmi Note 5A dan malah memilih Redmi 4A. Faktor pertama yang paling kasat mata tampaknya soal layar. Layar besar mungkin cocok untuk urusan multimedia (menonton film/video, browsing) tapi mengingat Redmi Note 5A memiliki resolusi yang sama dengan layar Redmi 4A namun berukuran 5 inci, orang dengan ‘mata elang‘ yang matanya bagi sebagian orang dianggap ribet dengan hal-hal kecil, jeli melihat piksel yang pecah di layar Redmi Note 5A dan justru memilih Redmi 4A. Selain itu, ukuran layar 5 inci sendiri seringkali dianggap ukuran yang pas dan ideal saat digenggam dan dalam genggaman tangan serta masih enak dan nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan. Layar 5,5 inci sebaliknya dirasa terlalu besar dan lebar sehingga membutuhkan dua tangan sekaligus saat mengperasikan smartphone. Terakhir selisih IDR 200 ribu Rupiah tadi bisa digunakan untuk membeli paket data dan aksesori ponsel.

Tapi sebaliknya, apa yang membuat calon pembeli semakin mantap memilih Redmi Note 5A, selain semua keunggulan yang tadi telah disebutkan, atas Redmi 4A? Mengingat smartphone ini paling baru diluncurkan, Redmi Note 5A mendapat jaminan update terbaru dari Xiaomi. Update tersebut meliputi MiUI 9 dan Android Nougat 7.0 (berharap hingga Android Oreo 8.0). Sepertinya begitu keluar dari kotak (out of the box), Redmi Note 5A sudah langsung terpasang Android Nougat 7.0 dalam balutan MiUI 9 yang lebih enteng dan ringan namun kaya fitur yang berbobot serta berisi.

Walakin, secara umum pengalaman pengguna yang ditawarkan dan telah dihadirkan oleh MiUI di setiap versinya selalu luar biasa dan menakjubkan, menjadikan pengguna smartphone Xiaomi semakin loyal dengan smartphone yang mereka punya – entah itu Redmi, Redmi Note, atau Mi.

Advertisements

2 comments on “‘Civil War’ Perang Saudara Smartphone Entry Level Xiaomi

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s