Marquez Masih Jauh Di Bawah Rossi, Ini Faktanya

Marquez Masih Jauh Di Bawah Rossi, Ini Faktanya – Marc Marquez dan Valentino Rossi bersaing ketat menjadi legenda hidup MotoGP. Marquez meskipun “anak kemarin sore,” sukses mengancam kemapanan Rossi sebagai pembalap MotoGP paling sukses. Rossi, di sisi lain, tetap diakui sebagai salah satu yang terbaik, kendati performanya kurang bersinar musim lalu. Meskipun demikian, secara obyektif harus diakui Rossi masih jauh di atas Marquez yang minim pengalaman. Berikut faktanya.

Dalam salah satu kesempatan, Marquez memamerkan di Twitter, betapa dia seorang pembalap kumplit multi talenta. Tak hanya roda dua, roda empat pun ditaklukkan. Marquez terlihat menjajal mobil F3 dalam rangka Honda Racing Thanks Day 2017.

Marquez pun terlihat tenang saat membawa mobil F3 keluar dari garasi untuk melaju di sirkuit.

Kita perlu mengesampingkan dulu kemungkinan Marquez menjajaki berlaga di arena F3. Tapi kalau melihat mobil yang dikendarainya, Marquez masih jauh kalah pengalaman dibandingkan Rossi. Rossi lebih berpengalaman dengan mengendarai mobil F1 milik Ferrari.

Dan harap dicatat beberapa hal penting. Antara F3 dan F1 bisa dibilang ibarat bumi dan langit ke-7! Selisihnya sangat jomplang. Memang F3 adalah langkah awal untuk merintis karir di F1. Tapi jalannya masih panjang dan F1 adalah puncaknya.

Tambahan lagi. Mobil yang dikemudikan Rossi merupakan spesifikasi 2008. Kira-kira dua generasi berselisih dengan mobil F1 yang sekarang. Sebagai perbandingan, mobil-mobil F1 kekinian punya power yang sudah disunat demi mengejar efisiensi, berbeda dari spesifikasi 2008 yang muntahan powernya meluber ke mana-mana.

Marquez tentu tertarik juga menjajal mobil F1. Tapi saat ini, Honda sebagai tim yang menaunginya, tidak punya tim sendiri di grid F1. Honda sebatas pemasok mesin, kali ini untuk Toro-Rosso. Tapi mungkin karena Toro-Rosso itu pula, Marquez bisa dapat kesempatan. Bagaimana bisa?

Kita tahu kalau Marquez disponsori oleh RedBull. Dan RedBull pula yang memiliki tim Toro-Rosso. Selain itu, Honda sebagai tim balap Marquez memasok mesin untuk Toro-Rosso. Jadi koneksi yang tidak membingungkan ini bisa jadi jalan bagi Marquez jika tertarik menjajal mobil F1 untuk menyamai Rossi.

Peluang Marquez untuk menjajal mobil F1 spesifikasi utama makin besar dan terbuka lebar kalau dia jadi pindah ke KTM yang sponsor utamanya – lagi-lagi – RedBull.

 

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s