Honda PCX 150 Sekarang Sudah Pakai Rem Cakram Belakang: Sebuah Kemajuan?

Satu hal yang tak luput dari mata jeli setiap undangan yang hadir di acara pengenalan resmi Honda PCX 150 adalah sektor belakang skutik bongsor tersebut. Memang ada banyak hal yang bisa diamati di sana. Misalnya, ban belakang yang kini lebih gambot. Namun hal utama yang langsung menarik perhatian mata hadirin yang memelototi Honda PCX 150 adalah sektor pengereman. Apakah masih menggunakan tromol seperti generasi sebelumnya, ataukah mengalami peningkatan dengan dipasangnya rem cakram, sama seperti pendahulunya.

Honda PCX 150 personal comfort xaloon rear tyre disc

Dan hasilnya adalah Honda PCX 150 kali ini sudah dibekali cakram (meskipun tanpa ABS) untuk pengereman roda belakang. Ini tentu merupakan hal luar biasa, mengingat Honda PCX150 yang diperkenalkan di Thailand di hari yang sama harus puas mendapat rem tromol, tidak seperti Honda PCX150 di Indonesia ini.  Gridoto mencatat bahwa “prestasi” Honda PCX 150 diberi rem belakang cakram merupakan pertama kalinya setelah 7 tahun harus “puas” bertromol untuk pengereman belakang. Gridoto juga melansir bahwa alasan pengistimewaan Honda PCX150 untuk pasar Indonesia diberi rem belakang cakram sementara untuk pasar Thailand tetap tromol adalah soal selera konsumen saja. Di negeri gajah putih, konsumen di sana tidak terlalu merisaukan jenis pengereman yang diberikan. Dengan kata lain, nrimo ing pandhum kalau menurut ungkapan orang Jawa. Berbeda dengan konsumen di Indonesia yang serba menuntut dan menginginkan lebih.

Honda PCX 150 personal comfort xaloon wide rear tyre big

 

Bukan berarti dalam bahasan kali ini bahwa rem cakram itu tidak lebih bagus dibandingkan rem tromol. Apalagi kompetitornya pun sudah lebih dulu menggunakan cakram untuk pengereman belakang. Menjadi relevan untuk dibahas ke permukaan karena Honda PCX 150 dalam hal pengereman belakang (tromol) sudah punya acuan. Tentu Honda PCX150 terdahulu yang sebelumnya diimpor dari Thailand dan lantas Vietnam. Selama beredar di Indonesia, Honda PCX150 impor tersebut tidak dikeluhkan oleh penggunanya dalam hal pengereman belakang.

Jelas layak ditunggu performa cakram belakang di Honda PCX150 buatan Indonesia ini.

Advertisements

2 comments on “Honda PCX 150 Sekarang Sudah Pakai Rem Cakram Belakang: Sebuah Kemajuan?

    • waduh ada nmax rider goyah nih 😉

      *Butuh penerjemah? * *Atau dokumen Anda ingin diterjemahkan? * *Langsung kontak*: Arif Rakhman Professional English-Indonesian Translator Contact: *WhatsApp klik me * *BBM DADOT_8*

      On Fri, Dec 15, 2017 at 12:37 PM, arifdadot.com | Penerjemah | Translator | Translaterjemah wrote:

      >

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s