Honda PCX Rakitan Lokal Resmi Diperkenalkan, Tenaga dan Torsi Mesin Serta Keempukan Jok Masih Misteri

Dalam situasi yang sepi dari pemberitaan bombastis dan foto hasil bidikan diam-diam yang terasa seperti sudah direkayasa, Honda resmi memperkenalkan PCX150 sebagai jagoan baru di segmen maxi scooter. Prosesi peluncuran ini berlangsung di suatu tempat yang penulis belum berhasil juga menemukan nama venue nya, mungkin karena setiap blogger yang mewartakan pengenalan Honda PCX 150 ini merasa lebih penting motornya itu sendiri, ketimbang nama tempat yang digunakan untuk memperkenalkan Honda PCX150. Faktanya memang begitu. Apalagi sebagai motor yang sudah lama dinanti dari tahun jebot, Honda PCX150 jelas membuat siapa pun bisa lupa segalanya begitu skutik bongsor ini resmi diperkenalkan.

Honda PCX 150 personal comfort xaloon front side left view

Kembali ke Honda PCX150. Sebagai skutik yang diperuntukkan untuk melibas jalanan perkotaan dengan penuh kenyamanan, Honda PCX150 dengan baik mewakili karakteristik yang ditetapkan untuk skutik ini. Bodi (wheelbase) panjang, dek depan lebar, dan front shield bagian dalam pun menyediakan tempat untuk menyelonjorkan kaki pengendara, merupakan sedikit dari kelebihan Honda PCX150 ini yang sudah tidak aneh lagi bagi kalangan penikmat skutik, karena mereka memang mendambanya. Teramat sangat.

This slideshow requires JavaScript.

Honda PCX150 ini punya dimensi bodi yang bongsor, meliputi panjang mencapai 1923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1107 mm. Jarak sumbu rodanya (wheelbase) adalah 1313 mm dengan jarak terendah ke tanah (ground clearance) 137 mm.

Demi menopang bodi PCX150 yang mungkin saja semakin bongsor dibandingkan pendahulunya, Honda membekali maxiscooternya itu dengan ban yang kini lebih lebar. Ban depan PCX150 kini berukuran 100/80 yang membungkus roda 14 inch, sementara ban belakang PCX150 berukuran 120/70 dengan roda yang sama pula.

This slideshow requires JavaScript.

Satu yang tak kalah pentingnya adalah PCX150 ini sekarang dibekali cakram di ban belakangnya, meskipun ini belum terbukti merupakan sebuah upgrade signifikan mengingat rem belakang tromol sudah mampu memberikan performa pengereman yang optimal di PCX150 terdahulu.

Honda PCX 150 personal comfort xaloon multi instrument display

Sebagai penyaji informasi berkendara, Honda PCX150 dibekali speedometer multi fungsi, multi tampilan. Dan jangan lupa, semuanya sudah serba digital. Sudah layak untuk menantang kompetitor yang dari awal pun sudah diberi speedometer digital.

Honda PCX 150 personal comfort xaloon engine specs

Satu hal yang belum terungkap dalam proses pengenalan Honda PCX150 ini adalah soal tenaga dan torsi mesin. Memang kombinasi diameter x langkah sudah disebutkan, yaitu 57,3 x 57,9 mm, dan kompresinya adalah 10,6:1. Selain itu sistem pengapiannya sudah full transistorized dengan baterai (aki). Mesinnya sendiri secara umum sama seperti yang digunakan di Vario 150. Hal lain yang masih menjadi misteri meskipun Honda PCX150 sudah diperkenalkan adalah keempukan jok. Ini penting mengingat sebagai skutik bongsor yang diperuntukkan berkendara jarak jauh, Honda PCX150 harus mampu memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dalam waktu sangat lama, dan salah satunya adalah lewat jok yang empuk.

Saat ini, Honda PCX150 belum dibandrol secara resmi. Namun perkiraan harga untuk kedua varian adalah 27 juta untuk Honda PCX150 standar tanpa pengereman ABS (hanya Combi Brake System), sementara Honda PCX150 ABS dibandrol 32 juta. Semua dalam mata uang Rupiah.

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s