Perbedaan Mendasar Rossi Dan Marquez Soal Uji Coba Formula1

Valentino Rossi sudah melakukannya lebih dulu. Marc Marquez mengekor di belakangnya belum lama ini. Keduanya, pembalap besar di grid MotoGP, menjajal bakat berkendaranya di mesin beroda empat, setelahnya terbiasa menaklukkan mesin roda dua. Kendati sama-sama mobil Formula1, ada sedikit perbedaan antara Rossi dan Marquez saat keduanya melakukan uji coba.

Mobil Formula1 yang dijajal Marquez milik Toro-Rosso merupakan hasil regulasi terbaru yang diterapkan di grid Formula1. Regulasi kekinian di balapan Formula1 seperti mobil yang dites Marquez itu berarti banyak penyunatan dilakukan dibandingkan mobil yang dijajal Rossi. Dari kubikasi mesin hingga tenaga yang dimuntahkan, mobil yang ditunggangi Rossi jauh di atas mobil yang dikemudikan Marquez.

Perbedaan berikutnya dan mungkin ini sangat mendasar adalah soal alasan keduanya diberi kesempatan menjajal mobil Formula1. Rossi diberi kesempatan oleh – tidak tanggung-tanggung – Ferrari untuk menjajal mobil mereka. Ferrari, tim paling sukses sepanjang sejarah Formula1, pasti punya alasan untuk memberi Rossi kesempatan menjajal mobil mereka yang merajai musim 2000-2004. Tak lain adalah bakat hebat yang luar biasa milik Rossi di lintasan balap dan motorsport.

Bagaimana dengan Marquez? Kalau kita melihat mobil F1 yang dites, kita bisa lihat bahwa faktor sponsor-lah yang berperan paling besar di balik uji coba tersebut. Toro Rosso saat ini bermesin Honda. Sementara Honda pula yang menaungi Marquez di MotoGP. Selain itu, Toro Rosso adalah nama lain untuk Redbull, brand yang juga menjadi sponsor Marquez. Bedakan dengan Rossi yang saat menjajal mobil F1 milik Ferrari sama sekali tidak ada sponsor yang menghubungkan kedua nama besar itu. Kalau kemudian alasannya adalah sama-sama Italia, mengapa Max Biaggi, Loris Capirossi tidak diberi kesempatan serupa?

Jadi dalam hal menjajal mobil Formula1, Rossi murni karena bakatnya yang luar biasa. Sementara Marquez tak bisa menghindar bahwa sponsor-lah yang memberinya keberuntungan bisa meniru jejak Rossi menjajal mobil Formula1. Ini semakin jelas karena selama musim 2015-2017 selama Honda resmi memasok mesin untuk tim McLaren, Marquez tidak sekali pun diberi kesempatan menjajal mobil McLaren, padahal sama-sama bermesin Honda seperti Toro Rosso saat ini.

Perbedaan ketiga soal spesifikasi mesin. Harus diakui bahwa meskipun Honda superior di MotoGP, nasibnya sangat kontras di lintasan Formula1. Padahal di F1, Honda hanya sebagai pemasok mesin, yang harusnya bisa lebih fokus mengembangkan mesin karena bukan sebagai tim konstruktor penuh.

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s