Suzuki Hayate bocor bannya dekat Politeknik Negeri Malang, Jl. Soekarno-Hatta Malang

Sudah Lelah Dengan Hayate, Apa Yang Harus Dilakukan?

Suzuki Hayate dengan velg 16 sangat disayangkan diberi pilihan ban yang sangat terbatas. Selain bawaan pabrik yang masih bertipe tube, yaitu Dunlop, tidak banyak lagi ban after market yang ditawarkan di pasaran. Lebih apes lagi, Suzuki Hayate anehnya suka sekali mengalami kebocoran. Setidaknya itu yang penulis alami beberapa waktu terakhir dengan Suzuki Hayate merah ini. 

Suzuki Hayate ditambal ban bawaan Dunlop daerah Pujon, bocor di Jombok, Ngantang.

Suzuki Hayate ditambal ban bawaan Dunlop daerah Pujon, bocor di Jombok, Ngantang.

Entah sudah berapa kali Suzuki Hayate sudah mengalami kebocoran – entah tertusuk paku atau ban dalamnya sobek. Namun yang menonjol adalah yang paling diingat dari peristiwa bocornya Suzuki Hayate. Kita ikuti saja arah mata angin.

Paling utara, Suzuki Hayate pernah mengalami bocor ban di daerah sekitar pusat pendidikan (pusdik) Brigade Mobil (Brimob) Watukosek. Waktu itu tahu kalau di depan ada lubang yang cukup dalam. Melaju di kecepatan cukup tinggi Suzuki Hayate tidak sempat menghindar dan terpaksa menerjang lubang yang malang itu.

Akibatnya, tak hanya ban belakang. Sebagai bentuk solidaritas, ban depan juga turut bocor. Proses penambalan ban tidak sepenuhnya menutup kebocoran ban Suzuki Hayate sekaligus mengakhiri pengabdian ban bawaan Dunlop Suzuki Hayate.

Sebelumnya, saat hunting durian ke Ngantang, daerah paling barat kali ini, Suzuki Hayate pun mengalami ban bocor. Kira-kira di pertengahan antara Pujon dan Ngantang. Bocor di kawasan yang sepi pemukiman jelas susah menemukan tukang tambal ban. Harus melaju sekitar 3 km sebelum akhirnya menemukan tukang tambal ban.

Ganti ban ke GT Radial – karena terbatasnya ban tubeless untuk Suzuki Hayate – tidak menghentikan Suzuki Hayate terus mengalami kebocoran. Kali ini di daerah yang paling selatan, sekitar Kepanjen-Bululawang. Kronologinya kurang lebih sama seperti saat di Watukosek tadi. Dan harus tertatih-tatih dengan ban bocor mencari tukang tambal ban.

Tukang tambal ban di daerah timur juga pernah berjasa terhadap Suzuki Hayate. Waktu itu iseng saja mengecek progress jalan tol Malang-Pandaan. Karena salah ambil simpangan akhirnya terlempar makin jauh ke Jabung – untung ada petunjuk jalan, jadi tidak perlu nyasar ke Bromo. Dan sebelum sampai di gapura masuk bandara Abdulrachman Saleh, menerjang lubang jalanan, Suzuki Hayate harus kembali bocor bannya.

Momen Suzuki Hayate terpaksa harus beralih ke ban tubeless adalah saat ditolak tukang tambal ban. Bukan di luar kota. Tidak jauh dari rumah eks walikota Malang. Waktu itu hari Minggu dan tampaknya tidak banyak tukang tambal ban yang beroperasi. Sebenarnya lebih karena penulis sudah tidak mau mendorong semakin jauh. Alhamdulillah, di sekitar situ juga ada toko ban yang setidaknya kalau tidak menyediakan ban tubeless bisa diminta tolong mencarikan ke toko lain.

Cairan Ban Tubeless Suzuki Hayate Corsa

Cairan Ban Tubeless Suzuki Hayate Corsa

Dan akhirnya, per 30 September 2018, Suzuki Hayate resmi memakai ban tubeless untuk ban belakang.  Ban tubeless merek Corsa untuk Suzuki Hayate merupakan pilihan yang tidak bisa ditawar lagi. Tentu karena memang sudah tidak ada pilihan lain. Sebagai ikhtiar preventif, sekali saja ban tubeless Corsa yang dipasang Suzuki Hayate diisi cairan anti bocor.

Advertisements

5 comments on “Sudah Lelah Dengan Hayate, Apa Yang Harus Dilakukan?

  1. Salam bro, saya Hayate user dari th2011, posisi di bogor. Alhamdulillah, disini banyak yg jual ban 16″

  2. siap sedia ban dalam 16 bos untuk jaga2…
    untuk ban ukuran 16 sendiri bisa cari Swallow Venom, Maxxis MA3D, Swallow Thunder, Zeneos ZN88

  3. maen ke Surabaya aja om, kalo di Ngalam susah nyari ban tubeless.. tuh di Danumas di Jl. Ahmad Yani No.289, jual beberapa merk dan banyak stoknya dia, hee..
    semoga terbantu..

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s