Utak-Atik Laga Terakhir Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak

Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak mungkin tidak begitu diminati, bahkan oleh sesama warga negara Indonesia sendiri 😆 Itu bisa dimaklumi. Namun kalau melihat kondisi klasemen Liga 1 Gojek Bersama Bukalapak menjelang laga pamungkas, kali ini, untuk kali ini saja, Liga 1 Gojek Bersama Bukalapak jangan diremehkan, apalagi sampai tidak ditonton. Alasannya?

Belum ada satu pun yang sukses mengunci gelar juara, mengakibatkan juara Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak harus ditentukan di laga terakhir hari ini. Begitu pula klub terdegradasi. Dari tiga jatah klub yang harus turun ke Liga 2 musim depan, mungkin hanya PSMS Medan yang sudah dipastikan nasibnya terdegradasi karena poin maksimalnya 39 – belum mencapai angka psikologis 40. Dua klub lainnya yang segera menyusul PSMS Medan ke Liga 2 belum dapat dipastikan – sampai laga terakhir tuntas.

Ada empat klub yang berpeluang menemani PSMS Medan ke Liga 2. Tapi empat klub itu juga masih berkesempatan bertahan di Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak. Sriwijaya FC, Mitra Kutai Kartanegara, Perseru Serui, dan PS Tira sama-sama mengemas 39 poin sebelum laga terakhir. Poin maksimal mereka berempat setelah kompetisi berakhir (jika menang, dapat 3 poin) adalah 42. Sementara kalau seri, cuma dapat 1. Paling seru kalau mereka berempat kalah, nasibnya ditentukan dari produktivitas gol dan riwayat bertanding (head-to-head) di antara mereka.

Mengacu pada masing-masing lawan keempat klub tadi, bisa dibilang semua tidak akan berlangsung mudah. Sriwijaya FC harus meladeni tuan rumah Arema FC. Lantas, Perseru Serui harus melawat ke saudara tuanya, Persipura Jayapura. PS Tira harus meninggalkan kandang dan suporternya menuju Borneo FC. Dan ini yang paling menyedot perhatian: Mitra Kutai Kartanegara menjadi tamu di Gelora Bung Karno melawan Persija Jakarta. PSMS Medan sendiri menjadi tamu bagi PSM Makassar, yang kemungkinan besar pulang dengan tangan kosong.

Sriwijaya FC malah kalah sewaktu jadi tuan rumah melawan Arema FC di putaran pertama, apalagi sekarang harus main di Stadion Kanjuruhan, kandang Arema FC. Meskipun disanksi tanpa penonton, Arema FC sudah membuktikan mereka selalu menang main di Kanjuruhan. Tanyakan itu pada Persebaya Surabaya, PSMS Medan, Bali United, Perseru Serui, dan Barito Putra. 

Demikian pula dengan Perseru Serui. Tim ini selalu kuat kalau bertanding di kandang sendiri. Tapi kalau harus melawat sebagai tim tamu, hampir selalu Perseru Serui menelan kekalahan. Jika berhasil dapat poin (seri), itu sudah hasil maksimal. Namun tuan rumah Persipura meskipun tidak juara, merasa perlu mendapat poin maksimal untuk memperbaiki peringkat. Jika Perseru Serui bisa mencuri poin, itu adalah keberuntungan, jika tidak dibilang mukjizat. 

PS Tira yang melawat ke Borneo FC mungkin yang punya motivasi paling tinggi. Baru saja menang lawan PSMS Medan yang berarti memperbesar peluang bertahan di Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak, PS Tira cukup seri melawan Borneo FC. Sama seperti Persipura Jayapura vs. Perseru Serui, sebuah keberuntungan jika tim tamu sukses mengemas satu poin, yang berarti bisa bertahan di Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak.

Ini yang paling seru. Mitra Kutai Kartanegara meladeni tuan rumah Persija Jakarta. Di stadion terbesar se-Indonesia: Gelora Bung Karno. Di satu sisi, Mitra Kutai Kartanegara butuh poin, berapa pun, agar bisa tetap berlaga di Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak. Namun di pihak seberang, Persija Jakarta butuh poin absolut (tiga angka) agar bisa juara Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak. Jadi dipastikan laga bakal berlangsung sangat seru, alot, dan ngotot, serta bisa saja menjurus kasar. Jangan lupa faktor pelatih Mitra Kutai Kartanegara yang saat ini adalah Rahmad Darmawan. Coach RD tentu hafal dengan permainan Persija Jakarta karena pernah membesut mereka selama beberapa musim.

Khusus laga di Gelora Bung Karno sangat seru dan menyedot perhatian semua pemirsa Indonesia. Ini karena Mitra Kutai Kartanegara tidak hanya menentukan nasibnya sendiri dan Persija Jakarta. Mitra Kutai Kartanegara juga turut “membantu” PSM Makassar. Jika sukses memaksakan seri, Mitra Kutai Kartanegara tidak hanya bertahan di Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak. Mitra Kutai Kartanegara juga memuluskan PSM Makassar jadi kampiun Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak. Dengan catatan tim asuhan Robert Rene Albert ini sukses membekap PSMS Medan di kandang sendiri, sesuatu yang cukup mudah sebenarnya. Hasil sebaliknya akan otomatis mengantarkan Persija Jakarta jadi juara Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak jika berhasil menang dari Mitra Kutai Kartanegara. 

Tak ada yang mudah, sekali lagi, di Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak. Semua ingin menang agar tujuannya tercapai. Karena itu, laga terakhir Liga 1 GoJek Bersama Bukalapak kali ini jangan sampai dilewatkan. Apalagi memang ada siaran langsungnya. JANGAN LUPA SAKSIKAN SORE INI.

\

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s