Kesan Pertama Sharp Aquos SH-04: Docomo, Banjir Bloatware

Jadi setelah bosan blusukan ke OLX, akhirnya ditemukan juga beberapa ponsel JDM built up yang secara subyektif layak dibeli meskipun sudah telat 2 tahun dari peluncurannya.

Ada Sony Xperia X Performance di sudut sana, Sony Xperia XZ di sini, dan Sharp Aquos SH-04 di pojokan sendirian. Sebenarnya masih ada juga yang lain, macam Sharp SHV34, namun karena belakangan ini stok ponsel JDM lagi kurang (mungkin dibatasi dari Batam atau Batam yang kekurangan pasokan dari segi tiga emas perdagangan Singapura, entahlah) tak banyak pilihan tersedia selain tiga ponsel tadi.

Sony Xperia dari dulu sudah terkenal dengan layar beningnya. Tak heran karena merek ini di sektor produk visual paling jago dah. Bravia Engine, sekarang ada lagi Triluminous. Sementara kalau Sharp Aquos SH-04H terkenal dengan layar IGZO buatan Sharp sendiri. 

Sekarang khusus soal Sharp Aquos SH-04H. Ponsel JDM Sharp SH-04H ini punya bodi terbuat dari kaca, warna putih. Bentang layarnya 5.3 inch dengan rasio jadul. Pastinya bezel tebal kiri kanan apalagi atas bawah. Di dagu ada tulisan Docomo dan di bodi belakangnya ada grafir Aquos.

Saat pertama kali dinyalakan, Android terinstal sudah Nougat 7.0. Dan di sini pening mulai melanda. Aplikasi bawaan begitu banyak dan susah dipahami, sampai menangis lihatnya. Itulah aplikasi bloatware bawaan Docomo yang semua penuh aksara kanji. Memang tidak bisa di-uninstall, untungnya bisa di-disable.

Mungkin yang menjadi alasan kuat Sharp Aquos SH-04H dan juga rekannya sesama JDM begitu diburu adalah kemampuannya menangani game berat. Apalagi layarnya punya frame rate 1200 mHz yang konon bikin pergerakan layar begitu smooth, tidak patah-patah apalagi lag. Tak lain itu semua karena campur tangan Snapdragon 820.

Kapasitas baterai Sharp Aquos SH-04H 3000 mAh. Tidak jauh beda seperti flagship lainnya yang dibekali kapasitas baterai ‘seadanya’ (kecuali Poco F1 dan flagship Huawei yang 4000 mAh). Tapi angka segitu pun sudah sangat memadai untuk kebutuhan standar (instant messagingsocial media, dan ber-youtube).

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s