Airbus A320 Citilink Indonesia

Tiket Pesawat Berpotensi Mengganggu Bisnis Otomotif

Kalau kita menoleh ke belakang sekira satu dua tahun terakhir, akan dijumpai beberapa penulis dunia maya melaporkan perjalanan mereka melintasi laut dan pulau. Mereka para penulis dunia maya itu lazim dikenal ssbagai blogger, mungkin juga vlogger.

Perjalanan mereka itu untuk kepentingan peliputan. Tentu yang melibatkan merek-merek terkait otomotif. Biasanya pameran nasional, bahkan internasional yang bertempat di ibukota negara. Para blogger dipilih berdasarkan jangkauan blog yang mereka kelola. Jadi di mana saja mereka berlokasi di wilayah NKRI, jika blog mereka terkenal se-Indonesia, langsung kontak dan segera terbang.

Sayangnya hal semacam itu kini mungkin sudah tak terjadi. Padahal ada event besar otomotif tidak lama lagi. Beberapa event serupa pun terpaksa harus dilewatkan. Itu tak lain disebabkan melonjak drastisnya harga tiket penerbangan belakangan ini.

Sebelumnya, kalau syarat teknis terpenuhi yaitu blog terkenal dan populer, tiket langsung dikirim dan terbang sesuai jadwal tertera. Sekarang mungkin pihak pengundang berpikir 100x eh sudah begitu akhirnya tidak jadi mengundang.

Bagaimana tidak? Ambil contoh Surabaya-Jakarta. Anggaran sejuta sudah cukup untuk penerbangan pergi-pulang plus ada sedikit recehan untuk ganjalan perut.

Sekarang, anggaran yang sama belum tentu bisa untuk tiket penerbangan sekali jalan. Padahal cuma penerbangan Low Cost Carrier bukan full service.

Advertisements

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s