User Xiaomi Makan Di Warteg Bebas Iklan?

Xiaomi merupakan salah satu smartphone terpopuler di Indonesia. Senjata utama yang jadi andalannya adalah spesifikasi tinggi dibanderol harga terjangkau dan merakyat. Strategi yang awalnya dipakai untuk penetrasi pasar Indonesia sebagai pendatang baru tetap dipakai sampai sekarang. Namun tentu ada kompensasi dan pengorbanan yang harus dilakukan.

Strategi tersebut bisa dibilang “bakar uang”. Tidak bisa terus-terusan begitu untuk perusahaan sekelas Xiaomi yang berorientasi laba. Namun jika strategi diubah, misalnya spesifikasi turun harga dinaikkan, jelas calon pembeli dan fans pasti kabur dan pindah ke merek lain. Maka jalan tengah pun diambil yang diharapkan menyenangkan semua pihak: Xiaomi dapat cuan dan pelanggan serta fans tetap happy dapat smartphone terbaik.

Kompromi tersebut adalah pasang iklan di MIUI, sistem Android besutan khas Xiaomi. Bukan hanya di aplikasi, iklan bahkan muncul di menu pengaturan, demikian pengakuan beberapa user pasca kebijakan Xiaomi itu diluncurkan.

Memang iklan bisa dimatikan, merespons keluhan sebagian pengguna yang merasa terganggu dengan hadirnya iklan tersebut. Namun iklan akan tetap ada mengingat itu jadi sumber pendapatan.

Alvin Tse, country manager Xiaomi Indonesia mencoba meredam kegusaran pengguna Xiaomi yang kemasukan iklan, padahal mereka mengeluarkan uang sendiri, bukan diberi cuma-cuma.

Iklan di smartphone Xiaomi kalian ibarat memberikan tip kepada pelayan restoran atas layanan dan sajian yang luar biasa.

Memang ini menunjukkan bahwa iklan di smartphone Xiaomi tidak akan merugikan. Apalagi disesuaikan dengan penggunanya serta tidak intrusif.

Namun jika begitu, diibaratkan dengan memberikan tip pada pelayan restoran, apakah berarti user Xiaomi yang makannya di warung Tegal bebas iklan? Mengingat makan di warteg tidak mengenal pemberian tip?

Tapi kalau begitu semakin menarik bahwa Xiaomi bisa melacak penggunanya hingga preferensi tempat makan. Nanti ada pula iklan muncul di smartphone Xiaomi: 50 meter dari tempat kamu berada ada warteg enak. Nilainya bintang lima dan masakannya enak, prasmanan, dan murah.

3 comments on “User Xiaomi Makan Di Warteg Bebas Iklan?

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s