Bagaimana Aurora Borealis Terbentuk

Aurora Borealis merupakan salah satu daya tarik penting di kawasan kutub utara. Banyak orang berbondong-bondong pergi ke negara-negara Skandinavia untuk melihat fenomena alam yang menakjubkan itu. Aurora Borealis yang artinya cahaya utara terlihat begitu gemerlap dan spektakuler tapi bagaimana proses terbentuknya?

Semua berawal dari matahari yang selalu ‘gelisah’. Dari bumi kita cuma melihat matahari sekadar bersinar dengan tenang ke bumi. Namun jika diteliti jarak dekat – tentu dengan bantuan teleskop Hubble, mungkin? – kawasan sekitar matahari penuh gejolak, terjadi ledakan besar setiap saat. Dari ledakan tersebut meluncur terlontar partikel beraliran listrik. Partikel ini menyebar ke mana-mana termasuk menghampiri bumi.

Menuju bumi, partikel beraliran listrik tsb ‘bentrok’ dengan atom dan molekul yang ada di atmosfer bumi. Namanya benda langit dengan momentum tinggi saling bertumbukan, hasilnya pasti kilatan cahaya, seperti biasanya – coba lihat balapan Formula One di Bahrain. Cahaya yang timbul akibat bentrokan partikel bermuatan listrik dari matahari dengan molekul dan atom di atmosfer bumi namanya Foton. Foton inilah yang dikenal sebagai Aurora Borealis itu.

Aurora Borealis terlihat warna-warni. Itu tak lain akibat tumbukan di atmosfer tadi. Kalau partikel matahari tadi bertumbukan dengan atom oksigen, hasilnya cahaya warna merah dan hijau. Sementara dengan nitrogen menghasilkan warna ungu dan merah muda. Bentrokan dan tumbukan tersebut, sayangnya, hanya terjadi di kawasan kutub saja.

Kapan saat yang tepat melihat Aurora Borealis? Mulai terbit senja hingga menjelang fajar. Pokoknya selama langit masih gelap. Namun ini tidak berlaku di waktu malam saat musim panas di kawasan Alaska (Mei sampai Juli). Namun waktu terbaik menikmati Aurora Borealis adalah pas tengah malam hingga pukul 2 dinihari.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s