Ini Bukti Shell Masih Lebih Murah Dari Pertamina

Semenjak Pertamina tidak lagi memonopoli bisnis hilir di Indonesia, konsumen dihadapkan dengan banyak pilihan sesuai preferensi mereka. Tercatat nama besar seperti Shell memutuskan menantang hegemoni Pertamina yang sudah terlanjur mengakar hingga pelosok Indonesia. Total pun mengekor Shell. Hanya Petronas yang memutuskan cabut dari Indonesia karena gagal bersaing. Padahal Petronas merupakan sponsor utama BBM dan pelumas tim papan atas Mercedes-AMG F1. Sementara Pertamina baru selevel Formula 2.

Di awal tahun baru 2020 silam, Shell menggebrak bisnis hilir minyak bumi dengan menurunkan semua produknya. Langkah tersebut menjadikan produk Shell berselisih sekitar dua ribu lebih murah dari Pertamina. Tersengat dengan aksi bisnis Shell itu, Pertamina pun turut mengoreksi produknya sehingga menjadikan misalnya pertamax turbo kini lebih murah lima puluh rupiah (9900 vs 9950, cmiiw).

Namun, ternyata fakta di lapangan menunjukkan kalau harga Shell tetap lebih murah. Bisa dibilang jauh lebih murah dari Pertamina. Selisihnya bisa hingga dua ribu rupiah. Mengapa begitu?

Itu karena Shell mengadakan program loyalitas pelanggan. Siapa saja yang mendaftar sebagai anggota Shell Club Smart. Memang promo potongan 5000 (minimal 2 liter) atau 50.000 (minimal 50 liter) tidak diadakan setiap saat. Namun setidaknya memacu pelanggan terus membeli produk Shell.

Namun kalau untuk keseharian, tetap Pertamax turbo.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s