Akhirnya! Cuma Ada Dua Smartphone Di Indonesia!

Indonesia termasuk pasar yang besar. Bersama Brasil dan India, sektor otomotif mendapati surganya di Indonesia. Begitu pula smartphone. Netizen yang dinamis dan ingin selalu tampil kekinian menjadikan Indonesia selalu dibanjiri produk smartphone terbaru.

Sayangnya, tidak seperti beberapa tahun silam, Indonesia kini tak banyak lagi disesaki macam-macam smartphone. Jika kita mengambil kesimpulan buru-buru, maka sejatinya hanya tersisa dua merek smartphone di Indonesia.

Dulu kita melihat Asus tampil menjanjikan. Namun kini penguasa pasar smartphone di Indonesia hanyalah Xiaomi dan Realme. Terlihat terlalu dini menyimpulkan begini, namun jika lihat obrolan di dunia maya, harus jujur diakui dua merek itu yang paling sering dibicarakan.

Samsung memang ada jago sebenarnya yang bersaing dengan Realme maupun Xiaomi. Namun karena merek Korea itu tidak terlihat sepenuh hati berkompetisi langsung dengan dua merek tadi, jagoan mereka terlihat kurang bersinar.

Mungkin sebagian netijen sudah bosan dengan colorOS atau MIUI. Namun tampaknya masih jauh lebih banyak yang tidak masalah dengan dua rona Android tersebut sehingga tetap antusias jika kedua merek meluncurkan produk terbaru mereka.