Listing Xiaomi Aneh Di JD.ID

Memasuki #2020, tampaknya persaingan smartphone di Indonesia akan semakin sengit. Penyebabnya pun telah bergeser. Kalau dulu beberapa tahun mundur ke belakang, tiap pabrikan smartphone berlomba cepet-cepetan soal besaran megapixels dan jumlah kamera, di #2020 tampaknya beralih ke kecepatan jaringan. Karena sekarang konon eranya #5G, jadi tiap pabrikan berlomba-lomba memasukkan ponsel mereka yang sudah siap 5G.

Namun begitu, anehnya, kita masih bisa menemukan ponsel yang telah berumur dua tahun. Kita paham bahwa ketika persaingan semakin sengit, maka tiap vendor smartphone berupaya menghadirkan ponsel terbaru mereka. Aksi gercep itu menjadikan ponsel yang baru dirilis setahun terakhir jadi terasa sudah jadoel.

Itulah yang terlihat di listing Xiaomi JD.ID. Bersama dengan ponsel-ponsel Xiaomi kekinian macam Redmi Note 8/Pro dan Redmi 8/8A, masih bercokol dengan nyaman Redmi Note 5 dan Redmi Note 6 Pro. Bahkan lebih heboh lagi, Mi A1 pun masih ditawarkan di sana!

Padahal kalau melihat Resmi Note 8 yang lagi digandrungi di mana-mana, melihat Redmi Note 7 masih dipajang di sana terasa begitu jadoel. Apalagi ini adalah Mi A1 segala.

Tampaknya itu bagian dari strategi penjualan, entah oleh siapa. Harga yang dicantumkan untuk Mi A1, Redmi Note 5, dan Redmi Note 6 Pro dimaksudkan untuk setengah memaksa calon pembeli agar lebih baik segera mengeksekusi smartphone Xiaomi yang lebih baru macam Redmi Note 8. Sebab dengan harga sama (di sana, JD.ID, Redmi Note 5 dibanderol 2,2juta persis harga Redmi Note 8), calon pembeli pasti lebih pilih smartphone Xiaomi terbaru.

Entahlah lagi kalau ternyata ini mekanisme pasar. Bahwa konsumen di pasaran masih terus mencari Redmi Note 5 karena sesuatu yang tidak ada di Redmi Note 8. Atau karena ada isu yang belum dikonfirmasi yang menimpa Redmi Note 8 yang tidak ditemukan di Redmi Note 5. Kalau kata Iwan Fals: entah.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s