Mazhab Alternatif Dalam Urusan Makan Bubur Ayam

Kalau sudah membahas bubur ayam, maka sudah pasti ada dua kutub utama dengan pendukung garis keras yang sama-sama ngototnya. Ini bukan soal resep atau komposisi. Ini soal bagaimana menikmati bubur ayam itu.

Di satu kutub, ada Mazhab bubur ayam diaduk dulu. Alasannya tentu agar semua komponen penyusun bubur ayam menyatu dan rasanya pun lebih nikmat. Di kutub lainnya, berdiri sama kukuhnya Mazhab bubur ayam jangan diaduk. Alasannya lebih ke soal estetika dan penampakan bubur ayam itu sendiri yang harapannya tidak merusak selera makan.

Dua Mazhab ini selalu mempertengkarkan cara makan bubur ayam yang ideal dan terbaik. Masing-masing mengunggulkan pilihannya itu sembari menihilkan Mazhab lainnya. Jika tidak dicegah maka tukang bubur ayam akan kehilangan pelanggan yang sama fanatiknya. Kalau dua Mazhab ini kabur, hilang sudah pendapatan utama tukang bubur ayam sehingga tidak bisa naik haji.

Karena itu tukang bubur ayam mengajukan Mazhab alternatif untuk dua kutub yang selalu kontra. Mazhab alternatif itu adalah tidak diaduk tapi diaduk. Bingung? Begini penjelasannya.

Jadi begitu bubur ayam sudah disajikan atau dihidangkan, jangan diusik. Biarkan tetap seperti itu. Jika harus tambahkan kecap, silakan. Jika ingin sedikit pedas, tambahkan sambal tiap kali akan menyuap bubur ayam itu. Lakukan beberapa kali hingga setengah porsi sudah tandas.

Nah setelah itu, barulah sisa bubur ayam itu diaduk. Dengan begitu akan diperoleh dua kenikmatan hasil fusi dua Mazhab utama makan bubur ayam tadi. Kita menikmati pertama-tama bubur yang masih ‘rapi’. Dan setelah merenggut kenikmatannya, barulah kita aduk untuk mendapatkan kenikmatan paripurna sebuah porsi bubur ayam.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s