Review Januari: Sebuah Pencapaian

Januari baru saja berlalu dan kita sekarang memasuki Februari. Persetan dengan citra Februari sebagai bulan cinta, kali ini yang lebih disorot adalah ulasan atas kinerja Januari.

Januari yang baru saja berlalu itu untuk pertama kalinya berhasil dilewati dengan rutin mengisi postingan terbaru setiap hari. Bagi blogger lain, bahkan yang sudah merambah vlogging, memperbarui blog mereka setiap hari bukan hal yang sulit. Karena sudah terbiasa. Nah tapi buatku, itu sesuatu yang harus diupayakan sekuat tenaga … Dan berhasil.

Sesulit apa sih meng-update blog setiap hari? Sebenarnya bukan soal inspirasi yang menghambat. Di zaman yang kini informasi apa saja bisa diakses cuma dari jempol menulis bukan lagi sesuatu yang kompleks dan menyulitkan. Hambatannya kemudian adalah kemauan. Penerjemah yang harus bekerja menuntaskan Purchase Order sebelum deadline sepertiku ini sangat keteteran meng-update blog pribadi. Tapi itu sudah masa lalu. Asal ada tekad, seketat apa juga deadline penerjemah, blog bisa tiap hari di-update. Itu sepanjang Januari kemarin.

Memang terlihat di-update seadanya. Buatku pribadi tidak masalah. Ini kasus spesifik. Berangkat dari kebiasaan malas update beralih ke rutinitas meng-update setiap hari meskipun seadanya sudah merupakan pencapaian. Karena itu tantangannya di bulan selanjutnya, Februari, seharusnya lebih berat karena perlu ada penyempurnaan. Paling mencolok adalah penambahan gambar.

Tidak melulu berisi teks, postingan blog sebaiknya menyertakan gambar. Setidaknya itu membantu pembaca menyegarkan matanya ketimbang hanya melihat teks hitam dan latar putih yang monoton dan membosankan. Perbaikan lainnya adalah penataan postingan. Misalnya menambahkan tag atau anggaplah kata kunci. Lalu penggolongan ke dalam kategori. Dan semua pengaturan yang sebenarnya dimanfaatkan untuk mengoptimalkan postingan itu sendiri di mesin pencari Google. Yang terakhir itu kalau tidak diurus sebenarnya bukan masalah. Hanya agar terlihat tertib dan mudah diakses, sebenarnya.

Maka dari itu. Mari kita rayakan pencapaian ini. Dengan merasakan sensasi kepuasan. Seperti orang yang baru saja menuntaskan tugas yang teramat sulit. Tahulah engkau. Bahwa perasaan yang timbul setelah menuntaskan pekerjaan adalah energi positif yang dicari setiap orang.

One comment on “Review Januari: Sebuah Pencapaian

  1. Pingback: Preview Februari: Giat Cari Konten, Atur Waktu Konsisten | ARIFDADOT.COM itu TRANSLATOR | juga PENERJEMAH | bisa LOCALI(S)ZER

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s