Sudah Siap Lihat Rossi Membalap Untuk Tim Satelit?

Kompas online menurunkan berita yang berpotensi menjadi besar. Dalam tulisannya kompas menuliskan bahwa kesepakatan antara Valentino Rossi dan tim Petronas SRT makin mendekati titik terang.

Mengapa berpotensi besar? Tak lain karena posisi tim Petronas SRT sebagai tim satelit Yamaha dan tentu saja Rossi sebagai legenda MotoGP.

Jauh sebelumnya, bahkan sebelum musim ini bergulir, yang harus terus ditunda hingga menjelang paruh tahun kedua ini, Fabio Quartararo telah diikat oleh Yamaha Factory untuk tandem dengan Maverick Vinales. Dan kita tahu korbannya adalah Rossi sehingga beredar spekulasi Rossi segera pensiun selepas musim 2020.

Namun dengan pembicaraan semakin positif dengan tim Petronas SRT, maka Rossi berpeluang membalap dua tahun lagi. Yaitu ketika satu tahun adalah kontrak yang ditawarkan dengan opsi perpanjangan semusim kemudian.

Mungkin bakal ada protes keras dari sejumlah besar kalangan fans Rossi. Tak lain karena status prestisius Rossi dan posisi Petronas SRT yang cuma tim satelit. Meskipun Rossi dijamin bakal mendapat motor sama persis dengan Yamaha Factory, gengsinya jelas beda. Namun kita harus akui bahwa nama Petronas di balik tim Yamaha satelit bukanlah “kaleng-kaleng”. Petronas adalah raksasa minyak Malaysia. Dan khsuus di dunia Motorsport Petronas sangat moncer bersama Mercedes GP di lintasan F1.

Bisa saja dengan pengetahuan dan wawasan yang diperoleh selama berkecimpung di F1, Petronas bisa memindahkannya ke motor mereka di lintasan MotoGP sehingga lebih kompetitif melawan tim-tim factory.

Jangan lupa juga faktor kedekatan Rossi dengan Lewis Hamilton, pembalap utama Mercedes-Petronas. Rossi dan Hamilton pernah bertukar mesin balap mereka. Dan di atas itu semua, Hamilton juga penggemar motor balap. Dan sudah jadi rahasia umum kalau Hamilton senang menunggang Yamaha M1. Bisa saja Hamilton memberikan masukan pada tim Rossi kelak di Petronas SRT sehingga bisa lebih kompetitif.

Terakhir, fakta bahwa Rossi pernah jawara dunia bersama tim satelit tak bisa dibantah. Bahkan itu terjadi di musim kedua Rossi berlaga di kelas premiere (saat itu 500cc). Adalah Nastro Azzuro sebagai tim satelit Honda yang membantu Rossi mengejutkan Paddock MotoGP. Debut perdana Rossi berlaga di kelas premier 500cc bersama Honda Nastro Azzuro membuahkan posisi Runner up di akhir musim bagi Rossi.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s