Ketika Visitor Blog Jadi Balapan MotoGP Sebelum Negara Api Menyerang

Demokratisasi internet telah membuat semua kalangan bisa berselancar di dunia Maya. Hasilnya, cara manusia berinteraksi pun turut berubah. Begitu pula soal pewartaan. Kalau sebelumnya warga terbiasa dengan pemberitaan cetak, seiring terbukanya akses internet, kebiasaan membaca pun pindah ke media digital. Tak hanya itu. Di internet tiap orang bisa jadi jurnalis berkat web 2.0 di platform blog.

Platform yang melejit saat ini hingga sekarang adalah WordPress. Dan tak hanya menyediakan sarana menulis. WordPress juga menyajikan Fitur-fitur untuk mendongkrak inspirasi menulis. Di antaranya adalah data visitor atau pengunjung yang sedang membaca tulisan kita.

Pernah pada suatu masa, angka-angka tersebut dijadikan semangat untuk memacu keinginan menulis. Dan angka-angka tersebut disajikan selayaknya komentator MotoGP mengomentari lajunya balapan. Salah satu blogger senior menyajikan data pengunjungnya sendiri dibandingkan dengan sesama blogger senior lainnya, lantas direspons jenaka oleh si blogger bersangkutan selayaknya Nick Harris dan Dylan Gray.

Kini atau belakangan ini fenomena tersebut sudah tak tampak lagi, bukan sekadar pudar. Tentu ada penyebabnya. Sebab utamanya mungkin adalah ngeblog sudah sama seriusnya ditekuni seperti wartawan media mainstream. Artinya sudah tak ada waktu lagi untuk canda-candaan, lucu-lucuan seperti banding-membandingkan angka visitor dalam bentuk komentator MotoGP.

Sebab kedua mungkin soal beda perspektif si antara mereka. Namanya pertemanan, perkawanan, bahkan persahabatan tak ada yang abadi. Hanya kepentingan yang abadi. Di antara mereka ada waktunya jalan tak lagi searah, pandangan tak lagi sama, langkah tak lagi sejalan. Jika candaan seperti itu terus dipertahankan saat hati tak lagi seirama, mungkin malah semakin memperuncing perbedaan yang sudah ada. Dan kita sudah tahu perbedaan macam apa yang berpotensi makin runcing kalau diusik-usik lagi.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s