Silly Season F1 Belum Pernah Seseru Ini Sebelumnya

Silly season biasanya terjadi di pertengahan musim. Yaitu ketika jeda balapan. Karena pada saat itu, tim punya waktu untuk bicara hal-hal non-teknis (awal musim sudah disibukkan dengan tes pra-musim, tak ada waktu mengurus lainnya.). Namun karena wabah Corona telah menghentikan musim 2020 hingga setengah musim berjalan, orang jadi punya banyak waktu berghibah 🤣🤣🤣

Sejak Sebastian Vettel dan Ferrari resmi mengumumkan kerja sama tidak diteruskan akhir musim 2020 ini, masyarakat F1 langsung gempar dan heboh. Kehebohan tersebut terjadi karena ditingkahi dengan banyak dugaan ke tim mana Vettel selanjutnya meneruskan karir balapannya di F1. Mengingat penggantian Vettel di Ferrari sudah diumumkan, tim Vettel berikutnya yang akan menampung pembalap Kerpen itu menjadi satu-satunya topik yang dibahas seru.

Jika Vettel menuju tim baru, berarti harus ada pembalap yang terdepak, seperti ia digantikan di Ferrari. Situasi makin pelik ketika Fernando Alonso turut dirumorkan bakal kembali membalap di F1. Berarti harus ada dua pembalap yang bakal terdepak.

Ketika Vettel dan Ferrari resmi berpisah, ada dua pembalap yang dirumorkan menggantikannya di Ferrari. Ada Carlos Sainz, juga Daniel Ricciardo. Berarti satu kursi pembalap di McLaren akan kosong. Begitu pula Sebastian Ocon di Renault kehilangan rekan setim. Vettel memang dirumorkan mengisi kursi kosong di McLaren, namun kabarnya ia menolak karena tim Woking itu masih sulit mewujudkan tim penantang juara. Sementara itu, Alonso yang digosipkan mendampingi Ocon di Renault.

Di sisi lain, ketika hanya Mercedes yang punya mobil kandidat juara, ke sanalah Vettel dirumorkan berlabuh, tandem dengan Lewis Hamilton. Ini berarti Valtteri Bottas harus rela cari tim baru. Kabarnya, kursi kosong di Renault siap ditempati Bottas, membuatnya harus bersaing dengan Alonso.

Bagaimana dengan Ricciardo sendiri? Jika harus meninggalkan Renault, kabarnya, dialah yang menggantikan Carlos Sainz di McLaren mendampingi Lando Norris. Maka kuncinya di sini tampaknya ada di Mercedes. Jika mereka berani menempuh risiko terbesar, Vettel dan Hamilton bakal bertandem di Mercedes.

Jika tidak, mungkin kita bakal melihat satu lagi pembalap hebat keluar dari lintasan F1. Setelah Alonso melambaikan perpisahan untuk musim 2019, kita mungkin akan melihat Vettel tanpa tim di musim 2021. Ini adalah dinamika transfer pembalap paling seru yang belum pernah terjadi sebelumnya.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s