Alasan Utama Ferrari Enggan Memperpanjang Kontrak Vettel

Juara dunia empat kali beruntun adalah portofolio terjamin yang bisa membuat Sebastian Vettel dengan mudah masuk ke tim mana pun yang dia suka. Namun faktanya Ferrari tidak silau dengan prestasi tersebut dan menempuh risiko besar dengan mengakhiri kerja samanya dengan Vettel. Sebenarnya apa yang melatarbelakangi Ferrari untuk berani mencampakkan Vettel dengan resume ciamik ketika masih membela Red Bull Racing?

Sampai hari ini alasan terbuka tidak pernah diungkapkan kedua belah pihak. Mattia Binotto hanya bisa mengatakan Ferrari dan Vettel tidak di jalur yang sama meraih tujuan. Atau, Vettel dirumorkan enggan jadi pembalap nomor dua di bawah bayang-bayang Charles Lecrerc. Namun kalau kita melihat performa Vettel bersama Ferrari terutama di saat-saat krusial, mungkin itu alasan utama Ferrari enggan Memperpanjang kontrak Vettel, meskipun pasukan Maranello tidak pernah tegas mengungkapkannya.

Vettel pernah membuat kesalahan kecil dan sepele namun dampaknya masif dan tidak terstruktur. Saat itu di Grand Prix Jerman di sirkuit Hockenheim. Vettel sedang memimpin balapan ketika entah mengapa ia melaju tanpa kendali untuk kemudian menghantam pelindung sirkuit yang empuk. Vettel tidak apa-apa. Tapi kesalahan remeh tersebut telah mengorbankan peluangnya mewujudkan juara dunia bersama Ferrari.

Selanjutnya adalah di Spa-Francorchamps musim 2019 lalu. Sudah bertandem dengan Lecrerc, Vettel harus puas dilangkahi rekannya yang masih junior itu untuk meraih kemenangan perdananya. Dan mungkin yang mencoreng-moreng reputasi juara dunia empat kali-nya ketika di Monza Vettel kembali melakukan kesalahan amatir. Saat dia melintir tidak melihat pembalap di belakangnya ketika bersiap kembali membalap.

Tampaknya tiga kejadian itu termasuk yang dipertimbangkan Ferrari untuk mengakhiri kontrak mereka dengan Vettel.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s