Menurutmu Honda Bikers Day Tahun Ini Bisa Dilaksanakan?

Ketika Wuhan di Tiongkok mengalami sebuah penyakit yang misterius, publik dunia merasa itu hanya endemik, artinya cuma terlokalisir di Wuhan saja, bahkan tidak sampai menjalar ke kota-kota tetangganya. Namun begitu CoVID-19 – demikian nama resminya – menyebar tak terkendali, dunia akhirnya mencekam dan aktivitas perjalanan dan lalu-lintas langsung dihentikan. Di Indonesia pembatasan masif diberlakukan untuk memutus penyebarannya termasuk melarang orang-orang berkumpul lebih dari lima orang.

Karena itu bagaimana dengan ajang Honda Bikers Day? Acara resmi yang didukung penuh oleh Astra Honda Motor itu selalu menjadi magnet ribuan Bikers dari seluruh Indonesia. Sebagai pengingat Honda Bikers Day 2019 di Ambarawa dihadiri oleh 30.000 peserta. Tentu itu jumlah yang sangat mengerikan dalam urusan orang berkumpul dan berkerumun dalam konteks kekinian.

Memang pemerintah berencana membuka kembali secara bertahap fasilitas yang sebelumnya ditutup. Sekolah, pusat belanja, salon, dan gedung yang biasanya jadi tempat berkumpulnya banyak orang termasuk di dalamnya. Tidak sekaligus, namun bertahap sambil memperhatikan protokol keselamatan. Namun terlalu berisiko jika membiarkan acara seperti Honda Bikers Day apalagi mengumpulkan hingga 30.000 orang. Lagipula jika pihak mana pun memaksa mengadakan Honda Bikers Day tahun ini, risikonya terlalu besar untuk ditanggung. Tentu Astra Honda Motor akan rusak reputasinya karena dianggap melanggar larangan berkerumun lebih dari lima orang. Apalagi belum tentu juga peserta akan seantusias tahun lalu. Mengingat terutama kondisi memprihatinkan di mana-mana, mereka mungkin lebih memprioritaskan kepentingan primer mereka.

Bahkan ketika larangan berkerumun di atas lima orang mungkin tidak lama dicabut, risikonya masih tetap besar jika memaksa mengadakan Honda Bikers Day tahun ini. Bisa saja dari ajang tersebut akan menjadi klaster baru, yang dari ajang tersebut setiap peserta pulang kembali ke daerahnya masing-masing mungkin dengan status OTG.

your comment here

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s